Beranda » 'Guinness Book of Records' Ala Angkasa Raya

'Guinness Book of Records' Ala Angkasa Raya




Planet-planet di angkasa raya (NASA / Daily Mail)

Para astronom sudah menemukan dan mempelajari planet-planet dengan karakter unik.

Dalam 50 tahun terakhir, teleskop yang dimiliki manusia kian besar dan canggih. Manusia pun dimampukan menjelajah dan mempelajari sedikit demi sedikit benda-benda langit tetangga Bumi, tempat kita tinggal.

Para astronom pun sudah menemukan dan mempelajari planet-planet di luar sana dengan karakter yang unik. Laman berita Dailymail kemudian membuat versi 'Guinness Book of Records' angkasa raya. Berikut para pemenangnya:

* Tercepat
Gelar ini diberikan kepada planet SWEEPS-10 yang terbang di sekitar bintangnya pada jarak hanya 740.000 mil, sekitar tiga kali jarak bulan dari bumi. Artinya, setahun berlangsung hanya 10 jam!

* Terbesar
Planet TrES-4 memiliki besar 1,7 kali planet 'goliat' di tata surya kita, Yupiter. Yupiter sendiri memiliki diameter 149.980 kilometer.

Planet ini juga dijadikan kandidat planet paling aneh. Sebab, planet ini tergolong ringan untuk ukuran tubuh yang besar. Hal ini disebabkan komposisi planet yang memiliki kepadatan seperti gabus.

Georgi Mandushev dari Observatorium Lowell di Arizona, mengatakan: "Kepadatan rata-rata planet ini hanya sekitar 0,2 gram per sentimeter kubik. Kerapatannya seperti kerapatan kayu balsa."

* Tertua
Planet Methusela sejauh ini dinobatkan sebagai planet tertua. Planet dengan nama asli PSR B1620-26 b itu disebut sebagai kakek dari antariksa, karena terbentuk sekitar 12,7 miliar tahun yang lalu. Atau, 8 miliar tahun lebih tua dibanding Bumi. Methusela terbentuk hanya dua miliar tahun setelah peristiwa Dentuman Besar atau Big Bang.

* Termuda
Dan, planet paling muda masih dipegang planet belum bernama. Planet yang mengorbit pada bintang Coku Tau itu diperkirakan berusia kurang dari sejuta tahun. Jarak planet 'bayi' ini relatif dekat dengan Bumi, 420 tahun cahaya.

* Terpanas dan Terdingin
Planet paling panas yang pernah ditemukan manusia adalah WASP-12b. Planet gas ini memiliki suhu permukaan 2.200 derajat Celcius. Besar planet ini pun bisa jadi pesaing planet terbesar, karena hampir dua kali Yupiter.

Sementara itu, terdingin, jatuh kepada planet OGLE-BLG-390L. Dengan massa lima kali Bumi, planet ini memiliki suhu permukaan minus 220 derajat Celcius. Planet bebatuan ini bisa juga jadi planet terjauh yang pernah ditemukan manusia dengan jarak 28 ribu tahun cahaya.

* Terkecil
Ada planet terbesar, maka ada pula planet terkecil, non-tata surya. Gelar terakhir ini diberikan kepada Kepler-10b. Dengan besar 1,4 kali Bumi, planet ini berjarak 560 tahun cahaya.
(art)