Beranda » Patung Budha 1500 Tahun Ditemukan di Tiongkok

Patung Budha 1500 Tahun Ditemukan di Tiongkok



alt



Dengan melakukan sejumlah penggalian para arkeolog telah menemukan sekitar 3000 patung Buddha di Handan, Tiongkok.






Riset yang dimulai sejak Januari 2012 lalu tersebut telah menemukan ribuan Patung Budha yang berusia sekitar 1500 tahun. Patung Buddha itu kebanyakan terbuat dari marmer putih dan batu baru, yang berasal dari Dinasti Wei Timur dan Qi Utara (534 M - 577 M).

Beberapa patung yang ditemukan ada yang dicat atau dilapisi emas.

“Patung-patung itu berukuran lebih tinggi 20 centimeter dibandingkan ukuran manusia sebenarnya,” ujar pejabat biro warisan budaya Provinsi Zhang Wenrui.

Kota kuno Yecheng pertama kali dibangun pada saat musim semi dan gugur (770 SM-476 SM) dan merupakan pusat perpolitikan Tiongkok sepanjang kekuasaan Tiga Kekaisaran (220 M-280 M) dan Dinasti Utara (386 M-581 M).

Ajaran Buddha sangat populer selama pemerintahan Dinasti Wei Timur dan Qi Utara yang menjadikan Yecheng sebagai ibu kota kerajaan. Terutama pada masa kekuasaat Dinasti Qi Utara, keluarga kerajaan sangat menghormati Buddha dan lebih dari sepertujuh diantaranya adalah biksu dan biksuni.

Namun setelah Dinasti Qi Utara jatuh, para ahli percaya bahwa kaisar berupaya menghilangkan ajaran Buddha di Tiongkok. (Erabaru/DM/sua)