Beranda » Tokek Setan Yang Ahli Dalam Menyamar Dari Madagaskar

Tokek Setan Yang Ahli Dalam Menyamar Dari Madagaskar




Tokek Setan MadagaskarKemanapun kita memandang, kita dapat melihat keanehan dan misteriusnya makhluk-makhluk Tuhan. Hal ini bukan malah membuat kita ngeri, melainkan terkagum-kagum dengannya. Contohnya fenomena yang satu ini.


Ketika melihat daun di foto di bawah ini, saya segera berpikir, wah..daunnya aneh, berbentuk kadal.


Tapi tunggu…jangan-jangan.. itu kadal yang berbentuk daun ? hehehe… :D


Atau itu daun…tapi kok seperti kadal…argghh…bingung !!!!!



Kenyataannya, objek pada foto diatas memang adalah sehelai daun dan seekor kadal. Daun yang berbentuk kadal di atas sesungguhnya memang seekor kadal. Sedangkan yang benar-benar daun adalah objek kedua yang dibawah.



Sebenarnya, hewan ini bukan kadal, namun “Satanic leaf tailed Gecko” atau “Tokek setan ekor daun”. Nama ilmiahnya adalah Uroplatus phantasticus. Saking ahlinya tokek ini menyamar, ia bisa mengubah warna tubuhnya sehingga menjadi sama persis dengan warna daun di dekatnya. Bahkan ia bisa memiliki pola tubuh seperti pola yang ada pada daun. Tokek ini bisa mencapai panjang hingga 9 cm. Habitat utamanya berada di wilayah Afrika tengah dan timur.


Foto luar biasa di atas diambil di taman nasional Andasibe Mantadia di Madagaskar.


Tokek setan ekor daun mendapat nama uniknya karena mereka terlihat seperti memiliki tanduk dan pada beberapa spesimen yang ditemukan, mereka memiliki mata berwarna merah. Mereka bereproduksi dengan bertelur dan umumnya sekali bereproduksi mereka menghasilkan dua telur dan menetas setelah 60-70 hari.


Bukan hanya mampu mengubah warna tubuhnya menjadi coklat, mereka juga mampu mengubah warna tubuhnya menjadi abu-abu, kuning, hijau, oranye dan merah jambu.


Tokek ini adalah salah satu hewan unik dari Madagaskar. Sementara mereka merapatkan badan mereka ke batang pohon dan tertidur dengan kepala menghadap ke bawah, tubuh mereka segera menyesuaikan warna dengan sekitarnya.


Umumnya hewan ini tidak aktif di siang hari dan hanya bergerak ketika diganggu. Pada malam hari mereka berburu serangga untuk makanannya.



Para penduduk lokal Madagaskar takut dengan hewan ini dan menyebut makhluk ini dengan sebutan setan. Konon apabila mereka diganggu, seekor tokek yang lebih besar akan berdiri, membuka mulutnya dan mengeluarkan suara desisan yang keras.


Mungkin kalian berpikir bahwa kisah ini tidak ada unsur misterinya. Namun ketika saya melihat foto tersebut, saya menjadi takjub dan bagi saya ini merupakan sebuah misteri besar bagaimana seekor hewan dapat melakukan keahlian seperti itu. Mengingatkan saya pada karakter Mystique dari film X Men